A Thousand Years cover by Ecy @yessypurnama
Lagu lainnya

Tuesday, June 1, 2010


Tampilan dan Fungsi Bagian-bagian Halaman Google

Beberapa waktu lalu (07/05) Google telah memperbaharui tampilan halaman penelusurannya, dalam tampilan yang baru ini terlihat lebih menarik, ringkas, dan sederhana. Untuk mendapatkan pencarian yang kita inginkan dan untuk memaksimalkan penggunaan penelusuran Google tentu kita perlu memahami menu bagian-bagian dan fungsi-fungsinya.
tampilan google


Pada halaman penelusuran Google, memiliki bagian-bagian berikut :
 

1. Header 
Header dalam halaman terdapat pada sisi kiri dan kanan bagian atas, yang terdiri dari:
  • Google product bar.
    Google product bar merupakan deretan menu yang terdapat di header sebelah kiri, disini terdapat berbagai pilihan menu yang merupakan produk-produk Google.
  • Search Settings, Sign in/out, Web history.
    Ketiga menu ini terdapat di bagian header sebelah kanan. Search setting dapat membantu kamu dalam melakukan pencarian dengan bahasa tertentu atau menampilkan jumlah pencarian lebih dari 10 hasil per halaman (secara default 10 hasil per halaman). Sign in/out membantumu untuk menjelajahi produk-produk Google lainnya dengan saling terhubung dengan satu akun Google. Web history dapat membantu optimasi pencarian berdasarkan aktifitas pencarian dari komputer yang kamu pakai.

2. Search bar
Kamu dapat melakukan pencarian dengan kata kunci (keyword) pada bagian ini, cukup ketikkan dengan keyword yang ingin kamu cari dan tekan tombol “Search” atau “Telusuri” dalam Google.co.id. 

3. Search results 
Pada bagian ini merupakan hasil penelusuran/pencarian yang didapat dari keyword yang diketikkan di Search bar. Dari hasil penelusuran yang perlu diketahui adalah:
  • Typical result, memiliki 3 bagian penting:

    hasil penelusuran google
    • Title, yang menampilkan judul halaman dan klik untuk mengunjunginya.
    • Snippet, merupakan deskripsi dari halaman atau bagian dari teks konten yang mengandung kata keyword yang kamu cari. Dan snippet biasanya diambil dari meta description halaman.
    • URL, teks berwarna hijau ini merupakan link alamat URL halaman tersebut.
  • Cached dan Similar.
    Dalam bahasa Indonesia (Google.co.id) tertulis Tembolok dan Sejenis. Klik Cached untuk melihat versi halaman website saat terakhir Google mengindeksnya dan klik Similar untuk menemukan halaman lainnya yang sejenis dengan halaman tersebut.
     
  • Star result.
    Untuk menyimpan halaman hasil pencarian. Klik tanda bintang ini untuk menyimpannya, maka ketika kamu login dan melakukan pencarian yang sama di lain waktu, halaman ini akan tetap mucul.
     

4. Tools dan filters
Pada bagian ini memiliki 2 bagian penting, diantaranya:
  • Tipe konten.
    Tools ini dapat meningkatkan jenis pencarian yang kamu inginkan, hampir sama menuny seperti Google product bar, namun tools pada bagian kiri hasil pencarian ini lebih mudah.
    Dengan keyword yang kamu ketikkan di Search bar maka akan muncul dalam semua kategori. Dengan memilih Gambar pada tools, maka hanya hasul penulusran berupa gambar saja yang akan tampil, atau Blog maka akan muncul hasil penelusuran berupa halaman-halaman dari Blog saja, begitu pula dengan kategori lainnya.
  • Rekomendasi.
    Menu ini dapat membantu untuk menyaring hasil dalam penelusuran, apakah halaman dari Indonesia saja, tampilan standar, tampilan wonder wheel,atau penyaringan lainnya.
     

5. Sponsored links 
Pada bagian ini merupakan link yang berasal dari iklan Google Adwords. 

6. Bottom of the page 
Pada bagian ini akan menampilkan sebuah tombol yang berbentuk huruf “o” yang merupakan navigasi untuk menampilkan hasil penelusuran lainnya pada halaman berikutnya mengingat secara default Google hanya menampilkan 10 hasil penelusuran pada tiap-tiap halamannya. 

Selain itu kamu akan menemukan link yang menuju pada pencarian sejenis dan kolom search bar pada bagian bawah ini untuk memberikan pencarian kembali jika yang kamu cari tidak ditemukan. 

0 comments:

Post a Comment